Virus Zika, temennya DB?


Ya, readers, virus Zika. Apaan lagi tuh? Ya, salah satu jenis virus :v Ini nih yang baru-baru aja dibicarain terus di berbagai sosmed dan jaringan Internet lainnya. Apalagi, di dunia kedokteran.

Oke. Jadi, virus Zika itu merupakan Flavivirus kelompok Arbovirus bagian dari virus RNA. Tapi, virus ini sudah diisolasi pada tahun 1948. Nah, yang bikin susahnya nih, virus ini cara penularannya sama seperti penularan penyakit Demam Berdarah. Yaitu, melewati gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Apakah virus ini sudah sampai di Indonesia?
Ya.Tetapi, pada tahun 2015 yang lalu virus ini sudah diisolasi oleh Lembaga Eijkman.

Bagaimana gejala-gejalanya?
Gejala virus ini terjadi seperti infeksi virus pada umumnya. Yaitu, pada awal penyakit, pasien akan merasakan demam mendadak, lemas, kemerahan pada kulit badan, punggung dan kaki, serta nyeri otot dan sendi. Mata pasien juga bisa menjadi merah seperti iritasi, dan pasien akan merasakan sakit kepala.

Mengapa virus ini sekarang ramai dibicarakan?
Berdasarkan laporan dari luar negeri, terutama Brazil, penyakit infeksi virus Zika ini berkaitan dengan kelainan ukuran kepala bayi, yaitu kepala bayi yang tidak normal atau kecil. Ibu-ibu hamil yang terjangkit infeksi virus ini akan merambat ke bayinya. Dan bayi tersebut akan lahir dengan ukuran kepala yang kecil (mikrosefail), sehingga perkembangan otak bayi akan terganggu.

Apakah sudah ada obat untuk infeksi virus ini?
Sampai saat ini belum. Hanya ada pengobatan yang bersifat suportif. Yaitu mengonsumsi obat penurun panas, istirahat yang cukup, banyak minum, dan makan makanan yang bergizi.

Bagaimana cara mencegahnya?
Karena perantaranya adalah nyamuk, maka cara mencegahnya pun sama dengan mencegah penyakit Demam Berdarah. Yaitu, 3 M (Menguras, Menutup dan Mengubur).



Hmm.. jadi gitu tuh readers... Apalagi sekarang lagi musim penghujan. Cuacanya juga nggak nentu lagi. Apalagi di sekolahku banyak banget yang sakit :v sampai separuh kelas mungkin. Makanya, kita harus menjaga kesehatan kita dengan baik. Selain itu, kita juga harus menjaga lingkungan kita agar tetap bersih dan sehat. Yang untung siapa? Kita juga kan?

Sampai jumpa di post berikutnya~~~ :3


Referensi : menyunting dari berbagai website (Wikipedia, Kompas.com)
img source : Google


Share:

0 komentar