MMD - Program Animasi 3D yang Simple

Hai, readers! Lama gak jumpa ya.. :v Author sudah disibukkan dengan berbagai tugas sekolah, karena bentar lagi Ujian :v
Oke, kali ini author bakal ngebahas salah satu program favorit author, yaitu......

MikuMikuDance!!!!! \ :v / *badumtssss

Ya, mungkin kedengeran je-Jepangan banget, tapi kita singkirin dulu itu.

Program MMD ini adalah program animasi 3D buatan Yu Higuchi. Program ini berbasis autodesk maya. Sebenarnya, program ini dikhusukan untuk menganimasi karakter Vocaloid, yaitu Hatsune Miku. Tapi, seiring waktu, para fans juga bisa membuat karakter baru dengan mengedit tekstur dari model yang lawas.

Fitur-fitur

Di program ini, kita bisa menganimasi gerakan tubuh, wajah, aksesoris, kamera, audio dan pencahayaan. Untuk memanipulasi gerakan itu semua, seperti pada program animasi lainnya, menggunakan cara per-Frame. Oya, khusus untuk program MMD, model, motions, dan audio harus dalam format yang sesuai. Seperti, untuk file motion/gerakan harus berupa .vmd  ,dan file audio harus berupa .wav  . Untuk model-modelnya bisa berupa .pmd atau .pmx  .

Tampilan MMD

Dan juga menggunakan program ini sesuai untuk para pemula animator 3D. Karena masih belum banyak fitur-fitur yang rumit atau lebih meningkatkan tingkat realistik animasi. (kayak Disney, Pixar, and friends :v )
Tapi, kita harus paham terlebih dahulu istilah-istilah format file dalam MMD. Seperti .vmd itu Vocaloid Motion Data, .x itu DirectX Model File, dan masih banyak lagi :v

Fanbase

MMD ini cukup terkenal di kalangan para pemula. Banyak juga video-video pemula-- dan pro yang menganimasi menggunakan MMD. Bahkan, biasanya juga diselenggarakan perlombaan yaitu MMD Cup :v .
Author sendiri pengen ikut, tapi terdesak ujian :'v Author juga masih pemula btw

MMD in Yotube

Ya.. Segitu aja dulu :v . Jika kalian tertarik, bisa mendownload program nya beserta program pendukungnya disini. Author belajarnya otodidak, jadi agak susah. Jadi, author saranin kalian cari referensi atau minta diajarin yang udah jago nganimasi. :v

MMD nya Author :v

Ribet... emang





































Byeee~~ Sampai jumpa di post berikutnya~! :v /

image source: my computer :v






Share:

1 komentar