Review Book-The Story of a Macaroon-Loving Girl Who Lived a Thousand Years Somehow

 


Yosh, readers! Kali ini saya akan me-review sebuah novel ringan berbahasa Jepang karya Karate dengan ilustratornya ialah Wannyanpuu. Novel ini diterbitkan oleh Media Factory Bunko J.
Dengan judul “Kisah tentang Seorang Gadis Pecinta Makaron yang Bagaimana pun Hidup selama Seribu Tahun”
                Hmm… Dari judulnya saja sudah keliatan novel ini ceritanya tentang apa. Tetapi, bukan hanya berisikan satu cerita itu, melainkan empat. Yaitu  “Kisah tentang Seorang Gadis Pecinta Makaron yang Bagaimana pun Hidup selama Seribu Tahun”, “Ia bisa Berbicara pada Beton”, “Paraporopurun Peroporoparapon”, dan “Jangkrik yang Berbohong dan Langit Biru”. Dari judulnya, terlihat aneh-aneh. Ya, memang cerita –cerita tersebut fiktif namun setelah saya membacanya, ternyata sangat relevan dengan kehidupan nyata. Bisa dikatakan novel ini cocok untuk orang yang senang membaca kisah Slice of Life dan Fantasi atau Imajinasi. Untuk ukuran novel ringan, ilustrasinya pun sederhana namun sesuai dengan peristiwa dan perasaan dalam cerita. Dikemas sedemikian rupa dengan warna cerah yang melambangkan tema utama novel ini, yaitu kebahagiaan.


BTW saya suka banget ilustrasinya :


Review:

Story-9,0
Benar, cerita dalam novel ini merupakan hal utama pemikat pembaca. Meski, sudah dikatakan dalam ceritanya sendiri bahwa cerita ini aneh, tetapi justru hal tersebut yang membuat novel ini menjadi khas dan penuh fantasi. Pembaca menjadi tidak bosan dengan membaca hal-hal yang fiktif dalam novel ini. Alur ceritanya tertata rapi dan tidak membuat pembaca bingung walau banyak bumbu-bumbu fiksi di sana sini. Dan yang paling mengesankan adalah suasana cerita di mana dapat membawa pembaca ikut merasakan apa yang terjadi dalam cerita. Nilai-nilai moral dalam cerita ini cukup banyak dan relevan dalam kehidupan nyata. At last, ceritanya benar-benar menarik dan istimewa.

Karakter-8,5
Karakter-karakter dalam cerita ini sangatlah unik dan beragam. Mulai dari karakter yang ceria dan optimis, sampai yang pesimis dan mudah menyerah. Tokoh utama dalam cerita memang banyak memperoleh sorot pandang untuk alur cerita, namun tak juga dilupakan tokoh-tokoh yang lainnya. Tokoh lain berperan penting bagi tokoh utama dan alur akan berantakan jika tokoh tersebut dihilangkan. Sifat-sifat setiap tokoh sangat relevan di kehidupan nyata meski novel ini merupakan novel fiksi.

Ilustrasi-9,0
Novel ini adalah novel yang setiap bab nya terdapat 1 atau 2 lebih ilustrasi. Ilustrasi-ilustrasi tersebut bisa dikatakan sesuai dengan gambaran sifat tokoh-tokoh dan peristiwa yang sedang terjadi. Goresan yang sederhana membuatnya lebih enak dipandang karena simple, namun mengandung makna dan perasaan dari tokoh cerita. Dan jujur, saya memang menyukai ilustrasi yang lucu-lucu hehe..

Overall-8,9

Yap, kira-kira itu review dari saya menurut pandangan saya. Saya sendiri sudah membaca novel ini sampai selesai, seru juga lho! :D Bagi readers yang berminat, bisa mendukung penulisnya dengan membelinya di Amazon..
That’s all, and thanks for reading ! See you ~! :3

Image Source: vgperson.tumblr

Share:

0 komentar