Nggambar? Gampang-gampang Susah


Ennggg.. Kali ini aku sebenarnya cuma mau curhat sih :v Tapi langsung to the point aja ya, aku gak bisa basa-basi :'v

Oke, semua dimulai sejak aku ikut suatu kegiatan yang butuh banyak dana. Waktu itu, aku takut kalau orangtuaku bakal kehabisan duit *pikiranmacamapaini :v. Pokoknya, aku takut ngebebani orangtua. Akhirnya, aku mutusin buat berjualan. Tau gak jualan apa? :v Yap. Gambar-gambar. Eh, tapi yang kujual itu bukan gambar print-print an atau kayak poster gitu, tapi gambar buatan sendiri...

Jujur aja, aku suka anime, manga, dan sejenis itu. Jadinya, ya... Gambar-gambar yang kujual itu ya palingan cuma karakter anime :v. Awal nyoba jualan itu udah dapet pikiran "Yah, gambar begini mah, 1 kertas 500 perak palingan...", gitu. Tapi, pas aku coba jual ke temenku, aku bilang "seikhlasnya aja" malah aku bilang "gak usah bayar" :v daripada berabe kalau narikin duit duluan.

Eh, gak taunya malah banyak yang ngasi duit. Entah karna kasian atau apa(?). Kalau itu sih aku gak tau. Yang ku tau, pas aku tanya kenapa mereka bayar lebih, kebanyakan pada jawab, "Gambarnya bagus banget sih." atau "Keren tau, kamu pinter nggambar ya. Ntar aku warnain.". Pinter nggambar? :v Malahan menurutku gambaranku itu mirip alien berkepala besar dengan jari tangan kekecilan :'v

Ya, sebenernya waktu itu aku masih pemula soal per-komik-an, jadinya ya semampuku aja aku gambar, tanpa referensi. Kekumpul juga kisaran 200 rb. :v ihiy

Itu BARU intro :v (waktu aku masih kelas 7)

Ini masalahnya.
Aku dah naik kelas 9. Dah punya adek kelas. Dah improve ehemsedikitehem soal nggambar komik + coloring. Aku juga udah mulai buka comission dan mulai nyoba digiart. Yang jadi masalahnya itu ya.....

...klien.

Entah kenapa,  meski aku butuh mereka tapi mereka juga jadi beban aku. Apalagi udah minta digambarin banyak, didesak-desak pula. Ya aku sih agak kesel juga. Emangnya nggambar itu semudah buang ingus? -_- Terus kalau ada yang minta digiart itu rasanya agak was-was gimana gitu :v Takutnya sesudah kukasih gambaranku, mereka malah bikin caption sendiri, kayak art-thief gitu. Kan kampret + sesek rasanya :'v .

Juga, aku bercita-cita jadi komikus kalau enggak ya ilustrator. Jadinya, aku berusaha passion banget kalau disuruh gambar. Tapi, sebenernya aku juga nggambarnya tergantung mood sih :v .
Meski begitu, aku tetep seneng. Banyak klien ku yang seneng pas udah dikasi gambar. Gak peduli, nanti tu gambar mau dibakar atau dijadiin kertas gorengan, rasanya seneng aja kalau bisa bahagiain orang lain :3
Apalagi kalau kliennya itu adek kelas, sekaligus dapet honor :v *plak
Oiya, kalau kalian mau nanya aku ini gambar apa aja, gampang ditebak kok. Aku cuma gambar tokoh anime, entah dari anime, komik, game, atau fandom. Juga, panorama. *kalaulagimood
Terus, aku juga bukan photoshop-ers. Jadi, semua gambarku aku yang nggambar dari goresan pertama, di kertas. Kadang-kadang langsung di komputer juga sih. Tapi, aku jarang banget yang namanya ngedit foto. Sebisa mungkin, aku bikin komik karyaku sendiri. Support dari temen-temen itu penting banget.
Apalagi kalau digiart. Aku gak punya pentab, jadi nggambarnya pake mouse. Tangan serasa kebakar sesudah proses nggambar.

Dah, segitu aja :v Hmmm... pesan nya apa ya kira-kira :Va
Oh ya. Aku cuma pengen nyampein, kalau kita itu harus respect sama ilustrator dan desainer atau komikus, sejenis itu(?). Kita gak boleh ngejek karya orang lain, sejelek apa pun karya mereka. Yang penting, tujuannya baik dan kita menghargai usaha serta prosesnya. Jangan mencuri karya orang lain juga ya... :v Bagi para ilustrator/komikus/desainer wannabe: tetep SemangART! :vV 9

Dah, ah capek, ini nulisnya malem-malem lagi. Emang moodnya cuma keluar pas malem. *manusiaapakauini

Your comment will be my food :v
Byeeee~~~ ^w^)/

Img source: Bedita Marsela *myself



Share:

0 komentar