Review Novel: Novel “Girls in the Dark” karya Akiyoshi Rikako

Review Novel:
Novel “Girls in the Dark” karya Akiyoshi Rikako



Judul buku          : Girls in the Dark
Penulis                : Akiyoshi Rikako
Penerbit              : Penerbit Haru
Tahun Terbit       : 2015
Tebal Buku         : 279 halaman

Sinopsis:
                “Apa yang ingin disampaikan oleh gadis itu?” Gadis itu mati. Ketua Klub Sastra, Shiraishi Itsumi, mati. Di tangannya ada setangkai bunga lily.
                Pembunuhan? Bunuh diri? Tidak ada yang tahu. Satu dari enam gadis anggota Klub Sastra digosipkan sebagai pembunuh gadis cantik berkarisma itu.
                Seminggu sesudahnya, Klub Sastra mengadakan pertemuan. Mereka ingin mengenang mantan ketua mereka dengan sebuah cerita pendek. Namun ternyata, cerita pendek yang mereka buat adalah analisis masing-masing tentang siapa pembunuh yang sebenarnya. Keenam gadis itu bergantian membaca analisis mereka, tapi...
                “Kau pernah berpikir untuk membunuh seseorang?”

Review:
                Novel terjemahan dari bahasa Jepang ini bergenre misteri dan gotik. Alur cerita maju-mundur yang menegangkan serta tokoh yang memiliki kepribadian unik dan khas masing-masing, membuat novel ini menjadi novel Best Seller pada tahun 2015 di dunia pernovelan Indonesia. Novel ini bercerita tentang Pertemuan Rutin Klub Sastra SMA Putri Santa Maria di Jepang. Anggota Klub Sastra yang berjumlah 6 orang ini adalah orang-orang terpilih, yang dulunya dipilih oleh Shiraishi Itsumi. Gadis itu adalah mantan Ketua Klub Sastra sekaligus anak dari pengelola sekolahnya. Sehingga, Klub Sastra yang markasnya berada terpisah dengan kompleks sekolah, menjadi tempat idaman para gadis karena fasilitasnya yang mewah. Seperti, chandelier hitam kristal, beraneka ragam buku bacaan yang langka dan mahal, dapur luas untuk memasak, beserta perapian dan bahan makanan yang pastinya impor dari Prancis. Tempat ini dinamakan salon, yang bernuansa ala Eropa. Namun, belum lama setelah anggota Klub Sastra mencapai angka 6, Itsumi yang adalah murid paling cantik, pintar, dan berkarisma tinggi ini ditemukan mati dengan menggenggam setangkai bunga lily. Dan pada saat pertemuan setiap anggota diharuskan membuat naskah analisis siapa pembunuh Itsumi.

Novel ini ternyata juga telah diangkat menjadi sebuah film dengan judul yang sama pada tahun 2012.



·         Alur: 9,0
Alur dalam novel ini menggunakan alur maju-mundur. Di mana juga terdapat banyak flashback. Namun ternyata, alur yang menegangkan ini juga menjebak para pembaca. Banyak pernyataan yang membuat para pembaca bimbang dan ragu akan sugesti mereka masing-masing, dan juga terdapat plot-twist yang cukup mengejutkan.

·         Tokoh: 9,3
Tokoh dalam cerita ini memiliki sifat yang berbeda dan khas. Jalan pikir tiap tokoh pun juga menentukan apa yang menjadi sugesti kita, dan membuat kita percaya pada satu tokoh. Namun, tingkat intelejen setiap tokoh yang sama kuat dan argumen yang saling beradu membuat kita juga menjadi ragu. Inilah keunggulan utama, yang membuat cerita menjadi lebih hidup, menegangkan, dan misterius.

·         Gaya penulisan: 8,5
Penulisan dalam novel ini menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami di bagian narasinya. Namun, dapat berubah sesuai sifat tokoh. Setiap tokoh memiliki gaya bahasa yang berbeda. Dan juga terdapat banyak istilah dalam bahasa Inggris dan Perancis, juga Bulgaria. Istilah-istilah ini menjadi nilai keindahan tersendiri buku ini yag menjadikannya berkesan elit. Tetapi, hal ini juga dapat membingungkan pembaca yang tingkat bahasa ataupun wawasannya belum seluas yang dibutuhkan untuk cepat memahami bahasa novel ini.

·         Overall: 8,9

Hmm.. Nilai yang cukup tinggi juga ya... Oh iya ditambah cover buku yang menampilkan seorang gadis cantik dalam seifuku (seragam khas Jepang) yang memiliki tatapan misterius membuta novel ini juga berkesan gotik. Saya sarankan novel ini bagi kalian yang menyukai cerita misteri yang berkaitan dengan masalah psikologis dan kematian, juga persahabatan.
Wah, cocoknya untuk remaja ya.. :D


Sekian resensi yang saya buat, semoga bermanfaat! Jika berminat membeli bukunya dapat dibeli di Gramedia, atau di Bukalapak.

Share:

0 komentar