HUT Sekolahku ke 61 !



Pada Sabtu, 1 Agustus 2015 SMP Pius Bakti Utama Gombong diramaikan suara anak-anak yang bersorak gembira. Ya, hari itu adalah hari ulang tahun sekolah ku. Sekolah ini berdiri sejak 1 Agustus 1954. Jadi, tahun ini SMP Pius B.U. Gombong sudah berumur 61 tahun. Lumayan tua juga, ya… Sama seperti SMP Pius, TK Pius pun juga merayakan hari ulang tahunnya. Pada hari itu, diadakan misa syukur di sekolah, dan pesta kelas. 

Dimulai dari pk 08.00 sampai 12.30. Acara ini diselenggarakan sebagai ucapan syukur karena bertambahnya umur sekolah ini. Semua warga sekolah terlibat secara aktif. Mulai dari murid-murid, guru-guru, karyawan dan staff, sampai suster juga terlihat sibuk dalam acara ini. Pertama, pada pk 08.00 bel berbunyi, dan murid-murid masuk ke kelas seperti hari biasa. Setelah doa pagi, setiap kelas menyiapkan tempat duduk untuk makan bersama. Oh iya, tentang makan bersama maksudnya acara syukuran yaitu potong tumpeng dan makan bersama tiap kelas. Lalu, setelah itu, murid-murid pun menuju lokasi belakang untuk mengikuti misa syukur. 

Misa diadakan di Gedung Keterampilan. Misa dimulai kira-kira pada pk 08.15 dan berakhir pada 09.30. Saat misa, murid-murid dapat mengikuti dengan khushyuk. Dalam khotbah, juga disampaikan bagaimana sesama saling membutuhkan seperti halnya anggota tubuh yang satu dengan yang lainnya berhubungan. Juga diucapkan rasa syukur dan permohonan untuk sekolah dan seluruh warga sekolah. Setelah misa selesai, murid-murid menyanyikan lagu Mars SMP Pius dan Happy Birthday. Di sini, semuanya senang, terlihat dari betapa semangatnya mereka menyanyikan lagu mars dan Happy Birthday. 

Setelah misa, diadakan acara karaoke dari masing-masing kelas. Tetapi, sebelum acara itu dimulai, ada yang sudah menyiapkan petasan sebagai tanda dibukanya acara tersebut. Wah, ada-ada saja. Petasan pun dinyalakan, dan acara resmi dimulai. Setiap kelas menampilkan lagu pilihan mereka masing-masing. Seluruh kelas membawakan lagu dengan semangat dan gembira. Oh ya, kalau soal lagu, menurut aku dan teman-teman sih cukup banyak kelas yang membawakan lagu yang sama, yaitu lagu Jamrud-Selamat Ulang Tahun. Tapi, karena suara setiap anak berbeda, jadi nggak bosen liat penampilannya. Ditambah, 1 lagu bebas yang pasti berbeda-beda tiap kelasnya. Ada juga guru yang ikut membawakan lagu. Wah, nampak sekali antusias warga sekolah di acara ini ya… 

Lalu, kira-kira pk 11.00 acara tsb selesai, dan dilanjutkan pesta kelas. Tetapi, sebelum itu Kepala Sekolah kami memotong tumpeng dahulu sebagai pengesahan mulainya pesta kelas. Kemudian, murid-murid mulai masuk ke ruang kelas mereka masing-masing dan memulai makan bersama. Rasanya senang sekali bisa berkumpul bersama teman-teman dan bermain bersama. Setelah makan bersana, murid-murid membersihkan kelas dan menata ulang tempat duduk untuk pelajaran senin besoknya. Sesudah itu, berdoa sebelum pulang, lalu bel pulang sekolah berbunyi pada pk. 12.30, dan semua murid pun pulang ke rumah masing-masing. 

Melelahkan tapi menyenangkan. Itu yang sebenarnya aku rasakan saat acar berlangsung. Tapi, aku bahagia acara hari itu berjalan lancar meski agak berantakan waktunya, tetapi jam pulang bisa tidak berubah sehingga murid lain tidak mengeluh soal jam pulang. Kebetualnnya, aku ambil bagian dalam menyelenggarakan acara tersebut. Sibuk sih, tapi menyenangkan bisa merayakan hari ulang tahun sekolah meskipun tidak begitu mewah, namun kebersamaan menjadi hal utama bagi aku dan teman-teman. Aku harap hari-hari seperti ini bisa terjadi lagi. 

 Sekian & Terima kasih~

Share:

0 komentar