Meriahnya Persiapan Menyambut 70 Tahun Negeri Tercinta





                Tak terasa Indonesia telah mencapai usianya yang ke-70 tahun. Kalu dipikir-pikir merupakan usia genap. Biasanya kalau sudah menginjak angka seperti ini, akan ada banyak harapan dan cita-cita pada acara ulang tahun RI. Usianya yang emas. Kalau di daerah saya, di Gombong, terasa persiapan tahun ini lebih ramai daripada yang sebelumnya.
                Ramai orang-orang yang menghias tiang-tiang di pinggir jalan dengan warna merah putih. Banyak yang memasang bendera Merah Putih di depan rumah. Juga, ada yang sengaja mengecat ulang rumahnya supaya lebih indah untuk memeriahkan ulang tahun RI. Jika diingat kapan mereka memulai menghias lingkungan mereka, malah sejak tanggal 1 Agustus. Terlihat sekali, warga antusias menyambut hari ulang tahun Indonesia tahun ini. Apalagi di kota Gombong ini. Benteng Van der Wicjk juga mulai ramai.
                Sekolah-sekolah juga mulai sibuk dan dipenuhi dengan agenda untuk ikut serta memeriahkan acara tersebut. Menyiapkan para murid untuk upacara tujuhbelasan, melatih pasukan drumband untuk aubade, semua sudah dilakukan dari awal bulan Agustus. Jika dilihat dari tahun yang kemarin, tahun ini akan lebih ramai dari tahun lalu, dilihat dari persiapan dan beragam acara-acara kecil yang dibuat warga lingkungan. Ada warga yang menyiapkan perlombaan kecil, murid-murid di sekolah juga mengadakan acara agustusan, dll. Di beberapa stasiun televisi pun penuh dengan jadwal-jadwal acara mengenai persiapan tujuh belasan. Acara berita benar-benar mengenyangkan kita dengan seluruh peristiwa mengenai kemerdekaan Indonesia.
                Tetapi, melihat pada jaman sekarang, apakah Indonesia sudah benar-benar merdeka? Saya rasa belum. Di sana-sini terdapat sampah, rakyat miskin yang tinggal di pemukiman kumuh, dan berbagai penyalahgunaan wewenang oleh orang-orang kursi atas di pemerintahan. Dan maraknya, penjahat pada masa ini bukan hanya yang bertato dan bertindik, namun yang berdasi pula. Jika melihat dari itu semua, maka yang terpenting ialah kebersamaan semua warga dan rasa cinta tanah air lah yang membuat mereka semangat untuk membela tanah air dan memperjuangkan tidak hanya keadilan, namun juga memperkuat persatuan di negeri kita ini. Dengan terlaksananya ulang tahun Indonesia, semoga semua warga lebih menghormati sesama, dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Semoga Indonesia menjadi negara yang lebih maju, bebas diskriminasi dan korupsi, dan menjadi negara yang damai dan kuat persatuannya.


DIRGAHAYU INDONESIA KU !!!

Share:

0 komentar